AL FURQON,pesantren moderen Tlogo, Mranggen, Batursari, Demak,
Membangun Insan Kamil dengan Santun
024 212212212

Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah

Bulan Zulhijah termasuk dalam 4 bulan yang istimewa di sisi Allah yang disebut bulan haram, yakni 3 bulan berturut-turut Zulqoidah, Zulhijah,  dan Muharram serta Rajab. Pada 4 bulan haram ini, setiap kebajikan akan dilipatgandakan pahala kebaikannya, dan begitu pula sebaliknya, setiap keburukan atau dosa juga akan dilipatgandakan siksaannya.

Sepuluh hari pertama Zulhijah adalah hari-hari yang penuh berkah bagi setiap umat Islam. Baik yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun yang belum berkesempatan melakukannya.

    Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Tidak ada amal yang lebih baik dari perbuatan pada hari ini (10 hari pertama Zulhijah)."

    Para sahabat bertanya: "Bahkan Jihad (berjuang di jalan Allah) tidak?"

    Beliau Saw menjawab: "Tidak juga jihad karena Allah, kecuali jika seseorang keluar dengan mempertaruhkan dirinya dan hartanya karena Allah, dan tidak kembali dengan membawa apa-apa." (HR Bukhari).

Pada sepuluh hari pertama Zulhijah ini pula Allah bersumpah dengan mengatakan:

    "Demi Fajar, sampai sepuluh malam." (QS Al-Fajr, 89: 1-2).

Rasulullah Saw bersabda,

    "Tidak ada hari yang lebih besar bagi Allah atau lebih banyak amalnya, dicintai-Nya dari sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Zulhijah), maka perbanyaklah Tahlil, Takbir, dan Tamhidmu di hari-hari ini." (HR Ahmad)